Cara Membuat Pancake Sederhana

Hari ini kita akan belajar cara membuat pancake sederhana dirumah yang enak dan gampang banget caranya, yuk disimak

Bahan membuat pancake kali ini menggunakan “ButterMilk”. Berikut Cara membuat pancakenya

cara membuat pancake
Bahan-bahan

  • 2 sdm margarin
  • 130 gr tepung terigu serba guna
  • 1 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdm gula pasir (me : skip)
  • 1/4 sdt garam
  • 150 butter milk (me : 50 ml skm + 100 ml air + perasan air jeruk lemon dari 1 buah lemon, diamkan selama 10 menit)

Cara Membuat Pancake :

  1. Lelehkan margarin
  2. Campur bahan kering dengan bahan basah
  3. Aduk asal rata, jangan overmix. Bila adonan masih bergerindil biarkan saja
  4. Panaskan teflon, tuang adonan
  5.  Masak sampai adonan berlubang kemudian balik
  6. Setelah dibalik pancake jangan ditekan-tekan spy ringan
  7. Masak sampai matang
  8. Angkat, beri topping sesuai sesuai selera
  9. Hidangkan

Gimana? gampang bukan?

Semua bahan bahan bisa kita dapatkan di toko kue atau di pasar tradisional, kalian bisa berkreasi dengan memberi toping atau bahan membuat pancake ditambah pisang, coklat  dan lain sebaginya

Selamat mencoba ya…
Source IG : @doyanbaking

Cara Membuat Gemblong Ketan Enak

Sajian cemilan kali khas dari jawa, yaitu Gemblong!

cara membuat gemblongGemblong adalah makanan yang enak dan manis, terbuat dari ketan dan dari gula merah dan gula putih. Berikut resep dan bahan untuk membuat gemblong ketan yan genak dan maknyusss…

Bahan

  • 250gr tepung ketan
  • 1/4kelapa diparut
  • 1/2 sdt garam
  • air secukupnya

Untuk balutan gemblong

  • 50gr gula pasir
  • 1sdm gula merah disisir/iris
  • 2sdm air

Cara membuat gemblong ketan:

  1. campur tepung ketan, kelapa parut, garam, tambahkan air sampai bisa dipulung/dibentuk
  2. bagi adonan bbrp bagian, bentuk bulat lonjong/sesuai selera
  3. siapkan wajan, tuang minyak goreng, nyalakan api kecil lalu masukan adonan yg sudah dibentuk diminyak yg blm panas (tujuanya agar gemblong tidak meletus/meledak sewaktu digoreng)
  4. bila sudah sedikit kekuningan angkat, tiriskan
  5. masak gula putih, gula merah dan air, masak sampai gula hancur dan berbuih
  6. masukan gemblong, aduk2 hingga gula mengering
  7. Angkat, sajikan *gemblong ini teksturnya empuk

Demikian resep cara membuat gemblong ketan manis yang sederhana dan mudah di praktekkan dirumah. Semoga bisa berhasil dan bisa menyenangkan untuk orang yang mencicipinya ya.

#db_gemblong

sumber : disini

Kata Kunci pencarian :

cara membuat gemblong singkong,cara membuat gemblong gula putih,cara membuat gemblong dari ketan,cara membuat gemblong terigu,cara membuat gemblong dari beras ketan,cara membuat gemblong,cara membuat gemblong ketan,cara membuat gemblong dari tepung ketan,cara membuat gemblong beras ketan,cara membuat gemblong betawi,cara membuat gemblong bogor,cara membuat gemblong bandung,cara membuat kue gemblong betawi,cara membuat gemblong khas kuningan,cara membuat gemblong dari ketan putih,cara membuat gemblong dari terigu,resep dan cara membuat gemblong,bahan dan cara membuat gemblong,bahan dan cara pembuatan gemblong,cara membuat gemblong enak,cara membuat gemblong empuk,cara buat gemblong enak,cara membuat gemblong yang enak,cara membuat kue gemblong yang enak,cara membuat gemblong goreng,cara buat gemblong goreng,cara membuat gula gemblong,cara membuat gemblong jawa,cara membuat jadah gemblong,cara membuat gemblong kuningan,cara membuat gemblong kembung,cara membuat gemblong khas sunda,cara membuat kue gemblong ketan,cara membuat kue gemblong dari tepung ketan,cara membuat gemblong manis,cara membuat gemblong mudah,cara membuat makanan gemblong,cara membuat gemblong gula merah,cara membuat makanan tradisional gemblong,cara membuat gemblong nasi,cara membuat gemblong pulut,cara membuat gemblong putih,cara buat gemblong pulut,cara membuat gemblong ketan putih,cara buat gemblong ketan putih,cara membuat gemblong beras ketan putih,cara membuat kue gemblong

Cara Membuat Cumi Goreng Tepung Crispy Enak

Cumi Goreng Tepung Crispy (Untuk  3 porsi)
cara membuat cumi goreng Cumi memiliki cita rasa unik dan lezat, resep kali ini tentang Cara Membuat Cumi Goreng Tepung Crispy Enak. Resep bumbu cumi goreng crsipy bisa diterapkan kebeberapa makanan lain seperti jamur contohnya.

Sebelum membuat ada beberapa tips yang perlu di perharikan yaitu Pilihlah cumi yg segar dan lunak, kalau di pasar biasanya ada cumi lunak dan cumi alot yang harganya lebih murah. 1 ekor cumi lunak harganya 17rb (Tahun 2016- dan tergantung tempat ya bunda😀 ), beratnya 1 ons lebih sedikit. Tp lumer banget dimulut, ga seperti makan karet gitu 😁 Utk resep cumi goreng tepung yg keriting 😄, oh iya Ini rasanyaa enaak banget , mudah lagi bikinnya hihihi. Yuk dicoba

Tips:

  1. Cumi harus dalam keadaan kering supaya hasil gorengan tidak basah dan tahan garingnya
  2. Tidak perlu menggunakan adonan basah karna Cumi sendiri bs mengeluarkan air
  3. Harus digoreng dalam minyak panas dan api besar, PENTING! Supaya minyak tidak terserap terlalu banyak kedalam Cumi goreng dan cumi tidak alot
  4. Setelah digoreng, harus ditiriskan hingga sangat-sangat tiris dari minyak. Kenapa? Supaya crispynya tahan lama
  5. Dan yg terpenting, jangan melapisi Cumi dengan tepung yg terlalu banyak. Semakin banyak tepung, semakin tidak garing

Bahan-Bahan

  1. 300gr Cumi, bersihkan dari bagian perut dan tintanya. Potong cincin
  2. Tepung Bumbu “Coating Mix” Kobe, secukupnya
  3. Merica putih secukupnya
  4. Minyak yg cukup banyak untuk menggoreng

Proses Pembuatan Cara Membuat Cumi Goreng Tepung Crispy Enak

  1. Pastikan Cumi dalam keadaan kering. Campurkan tepung bumbu dengan merica bubuk, aduk rata
  2. Balurkan Cumi dengan tepung bumbu kobe hingga rata. Diamkan 2 menit. Balurkan tepung bumbu sekali lagi, diamkan 2 menit lagi
  3. Sambil menunggu, panaskan minyak hingga sangat panas, masukan Cumi 1 per 1 jangan sampai bertumpuk/menempel. Goreng dengan api besar hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan hingga minyaknya benar-benar tiris.
  4. Sajikan hangat

Sumber : IG >>@dee_devina

Incoming search :

cara membuat cumi goreng tepung,cara membuat cumi goreng tepung sajiku,cara membuat cumi goreng crispy,cara membuat cumi goreng tepung agar tidak alot,cara membuat cumi goreng tepung yang renyah,cara membuat cumi goreng tepung krispi,cara membuat cumi goreng tepung sasa,cara membuat cumi goreng tepung empuk,cara membuat cumi goreng saus padang,cara membuat cumi goreng telur asin,cara membuat cumi goreng asam manis,cara membuat cumi goreng asam,cara buat cumi goreng asam manis,cara membuat cumi goreng tepung asam manis,cara membuat cumi goreng tepung agar tidak keras,cara membuat cumi goreng saus asam manis,cara membuat cumi goreng tepung telur asin,cara membuat cumi goreng tepung saus asam manis,cara membuat cumi goreng tepung crispy,cara membuat cumi goreng mentega,cara membuat cumi goreng krispi,cara membuat cumi goreng saus tiram,cara membuat cumi goreng biasa,cara membuat cumi goreng balado,cara membuat cumi goreng tepung bumbu,cara membuat cumi goreng tepung bumbu sajiku,bagaimana cara membuat cumi goreng tepung,cara membuat cumi goreng tepung dalam bahasa inggris,cara membuat bumbu cumi goreng,cara membuat bakso cumi goreng,bahan dan cara membuat cumi goreng tepung,cara membuat cumi goreng crispi,cara membuat cumi goreng cabe garam,cara buat cumi goreng cabe garam,cara membuat cumi goreng tepung crispi,cara buat cumi goreng tepung cabe garam,resep membuat cumi goreng crispy,cara membuat cumi goreng kremes,cara membuat cumi goreng tepung dengan tepung kobe,resep dan cara membuat cumi goreng tepung,resep dan cara membuat cumi goreng,cara membuat cumi goreng enak,cara membuat cumi goreng empuk,cara membuat cumi goreng yang enak,cara membuat cumi goreng tepung enak,cara membuat cumi goreng yg enak,cara membuat cumi goreng tepung yang enak,cara membuat cumi goreng tepung yg enak,cara membuat cumi goreng tepung agar empuk,cara membuat cumi goreng garing,cara membuat cumi goreng tepung garing,cara membuat cumi goreng tepung gurih,cara membuat cumi goreng lada garam,cara membuat nasi goreng cumi hitam,cara membuat cumi goreng isi tahu,cara membuat cumi goreng isi,cara membuat cumi goreng kering,cara membuat cumi goreng kecap,cara membuat cumi goreng kriuk,cara buat cumi goreng krispi,cara membuat cumi goreng tepung kriuk,cara membuat cumi goreng tepung kobe,cara membuat cumi goreng lezat,cara membuat cumi goreng tepung lezat,cara buat cumi goreng mentega,cara membuat cumi goreng tepung mentega,cara membuat cumi goreng saus mentega,cara membuat cumi goreng pedas manis,cara membuat cumi goreng tepung pedas manis,cara membuat nasi goreng cumi,cara membuat nasi goreng cumi asin,cara membuat nasi goreng tinta cumi,cara membuat cumi goreng pedas,cara membuat cumi goreng tepung saus padang,cara membuat cumi goreng renyah,cara membuat cumi goreng rica rica,cara buat cumi goreng renyah,cara membuat cumi goreng tepung roti,cara membuat cumi goreng yang renyah,cara membuat cumi goreng yg renyah,resep membuat cumi goreng renyah,resep cara membuat cumi goreng,cara membuat cumi goreng saus telur asin,cara membuat cumi goreng tepung saus tiram,cara membuat udang dan cumi goreng tepung,video cara membuat cumi goreng tepung,www.cara membuat cumi goreng tepung.com,cara membuat cumi goreng tepung yang empuk,cara membuat cumi goreng tepung youtube

Cara Membuat Cilok Bandung Lezat Nikmat

Cara Membuat Cilok

Makanan khas Bandung ini banyak disukai oleh semua umur, baik dari anak anak hingga kakek nenek. Ya.. Cilok namanya, di beberapa daerah mungkin ada yang menyebutnya dengan istilah “pentol”

Lebih nikmat lagi jika di sajikan dengan bumbu kacang membuat rasa cilok begitu maknyuss..

Berikut ini telah kami rangkum menu sederhana membuat cilok bandung yang enak dan lezat.

Cilok super nampol ala Abang Abang jualan

Bahan

  • 250 ml air kaldu ayam
  • 2 – 3 sdt garam
  • 4 siung bawang putih dihaluskan
  • 1 1/2 sdt merica bubuk
  • 150 gram terigu serba guna
  • 2 butir telur
  • 150 gram kanji
  • 3 Batang daun bawang rajang halus

Bahan sambal kacang :

  • 100 gr kacang tanah goreng
  • 5 buah cabe rawit hijau
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya

Tambahan (optional)

  • saus tomat, sambal, kecap

Cara membuat

  1. rebus kaldu ayam + garam + merica bubuk + bawang putih di panci anti lengket
  2.  jika sudah mendidih, matikan kompor, masukkan terigu, aduk rata dengan spatula kayu dengan cepat sampai tercampur rata. Nyalakan kompor kembali dan aduk sejenak sekitar 1 menit
  3. pindahkan adonan ke mangkok besar, lebarkan adonan, dan tunggu dingin.
  4. jika sudah nyaman ditangan (ngga seberapa panas), masukkan telur, aduk rata. Kemudian, masukkan kanji, aduk rata sampai tidak lengket ditangan.
  5. Bentuk bulat bulat sampai semua adonan habis.
  6. rebus cilok di air mendidih sampai matang
  7. kukus sekitar 15-20 menit

Membuat sambal kacang  :

  1. campur semua bahan bumbu sambal kacang menjadi satu kemudian ditumbuk sampai halus
  2. beri tambahan air secukupnya, supaya sambal tidak terlalu pada
  3. Untuk sensasi pedas bisa di tambahkan cabe

Siap disajikan

Sumber : IG >> @kulinermurahsby

Marry Me ! ! !

Rasulullah bersabda:

“Wahai sekalian pemuda, siapa diantara kalian telah mempunyai kemampuan, maka hendaklah ia menikah, karena menikah itu dapat menundukkan pandangan, dan juga lebih bisa menjaga kemaluan. Namun, siapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa, sebab hal itu dapat menjadi perisai [yang meredakan nafsu].” (HR. Bukhori dan Muslim)

Bismillahhirrohmanirrohim

Ketika seseorang sudah memiliki kecenderungan yang amat tinggi untuk ‘update status’ (mw sarapan update status, mau pergi update lg, sampe kntor buka kompi-mozilla-facebook, pulang kantor update lagi sblum matiin kompi ) tandanya membutuhkan tempat yang lebih leluasa untuk mencurahkan apa yang ada dipikirannya, dan itu terjadi pada saya beberapa hari ini.😀 Kemudian teringat ‘Rumah Shifwah’ lama tak dibenahi, weekend tiba adalah saatnya menulis kembali. Semoga membuat penulis bertambah ilmu lebih2 bermanfaat bagi orang lain.

Awalnya mikir, mw nulis ap yah? biasanya konsul dulu sama abi baru posting, belum sempet eung…(bingung deh). Teruus pas buka fesbuk ada temen komen, gimana kalo ‘risalah pernikahan’ aja insyaallah bermanfaat buat orang lain (buat gw juga kann??). Tugas berat, tapi mungkin hal ini juga merupakan kebutuhan penulis Hehe, walaupun sebetulnya sangat yakin komentator lebih punya kapasitas untuk itu… but, its ok, worth trying, right?

Saya teringat salah satu cita2 saya beberapa tahun lalu saat kuliah, -menikah di usia 22 atau paling tidak 23, karena saya ingin saat berusia 25 setidaknya saya sudah memiliki 1 anak, dannn… jeng jeng jeng …  usia saya hari ini adalah 22 tahun 6 bulan, nahhh akankah cita2 itu tercapai?? lets see😀

Saya pikir, usia saya saat ini merupakan usia yang seharusnya dapat memaknai sesuatu dengan bijak, dewasa, dan tentunya dengan memperhatikan rule2 yang ada baik syariat mauput adat. Oleh karenanya, pertama kali yang harus saya dalami adalah bagaimana syariat memandang pernikahan.

Pengertian secara bahasa

Az-zawaaj adalah kata dalam bahasa arab yang menunjukan arti: bersatunya dua perkara, atau bersatunya ruh dan badan untuk kebangkitan.Sebagaimana firman Allah ‘azza wa jalla (yang artinya):

Dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuh)” (Q.S At-Takwir : 7)

dan firman-Nya tentang nikmat bagi kaum mukminin di surga, yang artinya mereka disatukan dengan bidadari :

Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik lagi bermata jeli (Q.SAth-Thuur : 20)

Karena perkawinan menunjukkan makna bergandengan, maka disebut juga “Al-Aqd, yakni bergandengan (bersatu)nya antara laki-laki dengan perempuan, yang selanjutnya diistilahkan dengan “zawaaja”

Pengertian Secara Syar’i

Adapun secara syar’i perkawinan itu ialah ikatan yang menjadikan halalnya bersenang-senang antara laki-laki dengan perempuan, dan tidak berlaku, dengan adanya ikatan tersebut, larangan-larangan syari’at.

Selanjutnya, ikatan pernikahan merupakan ikatan yang paling utama karena berkaitan dengan dzat manusia dan mengikat antara dua jiwa dengan ikatan cinta dan kasih sayang, dan karena ikatan tersebut merupakan sebab adanya keturunan dan terpeliharanya kemaluan dari perbuatan keji.

Manusia dengan fitrahnya memiliki keinginan untuk memiliki pasangan dan kemudian Islam  bagi siapa saja yang mampu untuk melaksanakannya agar dapat meningkatkan ibadah pada-Nya.

 

Bersambung…😀

Shadaqah Vs Zakat

Menurut fuqaha, perbedaan sedekah dengan zakat dapat dilihat dari beberapa segi yaitu:
a. Dari segi subyek
Sedekah dianjurkan (disunnahkan) pada setiap orang yang beriman, baik miskin maupun kaya, dan kuat atau pun lemah. Sedangkan zakat, diwajibkan kepada orang-orang tertentu, yaitu orang-orang yang telah memenuhi persyaratan sebagai wajib zakat. Hal ini diterangkan Nabi Saw dalam hadits, “Sesungguhnya Allah mewajibkan zakat kepada mereka yaitu dari harta benda yang mereka miliki, yang diambil dari orang-orang kaya dan diberikan kepada orang-orang faqir” (HR.Bukhari dan Muslim)
b. Dari segi yang disedekahkan
Pada sedekah, yang disedekahkan tidak terbatas pada harta secara fisik, melainkan mencakup semua kebaikan, seedangkan harta yang dikeluarkan untuk zakat terbatas pada kekayaan secara fisik, seperti hasil pertanian, peternakan, perdagangan, dan hasil profesi lainnya
c. Dari segi penerima (obyeknya)
Zakat hanya boleh diberikan kepada orang-orang yang telah ditentukan oleh Allah di dalam Alquran, yaitu kepada 8 ashnaf

Prepare Our Generation

some episode of my life in this month made me focus about our generation.

I’ve never thought about my future before, especially ‘marriage’. Marriage is not only about have a friend to do anything or just having fun but to create the best generation to continue our duty, dakwah. It’s a serious thing, we have to prepare many things so we can do it well.

First, start from mother. All women have to keep their health and take care their child. why? bcoz moslem should be health, strong, and smart. Alleviate junk food and consume some vitamins, improve the skill on sport, and read some books or anything to increase knowledge.

Second, Father should take a part in family. Some people think that housework is a women’s task, it’s a mistake, all of us have each part at home. Child’s education, even housework should done by all family member, help each other is an important thing to do to show our love to family.

Third, make a plan about education.

to be continue ^^