Give Thanks To Allah

MAKNA DAN HAKIKAT SYUKUR
SYUKUR adalah bertambah- tambah dan berkembang.
SYUKUR menurut istilah syara’ adalah menggunakan segala karunia ALLAH dijalan yang dicintai dan diridhoi-Nya , dan tidak sekali- kali mempergunakan karuniaNYA dijalan yang dibenci dan dimurkai-Nya.

BALASAN SYUKUR
ALLAH menjanjikan balasan yang sangat besar bagi orang- orang yang bersyukur, yaitu menambahkan nikmat- nikmatNYA. Adapun yang dimaksud tambahan nikmat adalah adakalanya tambahan nikmat dunia, adakalanya tambahan nikmat sehat seluruh keluarganya, adakalanya tambahan nikmat itu berupa pengampunan dosa dan tambahan pahala, bahkan adakalanya tambahan nikmat itu semua yang diatas. Subhanallah, ALLAH memang benar- benar maha rohman dan maha rohim, sehingga tidak ada celah bagi hamba- hambaNYA untuk berburuk sangka kepadaNYA terlebih untuk mendustakanNYA.

KRITERIA ORANG- ORANG BERSYUKUR
1. Mampu dan sanggup mengekspresikan dan melampiaskan rasa senang dan gembira dengan hal- hal yang dicintai dan diridhoi ALLAH.
2. Munculnya komitmen moral untuk menjadi pribadi yang senang berbagi kepada sesama. Menjadi kurang bermakna ribuan kali ucapan tahmid tanpa dibarengi sikap senang berbagi.
3. Al-Ukhuwah, yaitu sikap dan komitmen moral untuk senantiasa menjalin hubungan dan persaudaraan bahkan kerjasama dengan sesama manusia, dengan sesama anak bangsa dan sesama muslim. Perkokoh tali persaudaraan yang terasa lemah, eratkan tali persaudaraan yang retak, dekatkan tali persaudaraan yang terasa jauh, dan sambung tali persaudaraan yang terputus. Dengan kata lain: SYUKUR HARUS AKUR, BUKAN SYUKUR KALAU TIDAK AKUR, TANPA AKUR KITA TAK AKAN MERASA SYUKUR.
4. SUR’ATUL ISTIJABAH LIAWAMIRILLAH, yaitu semakin cepat dan gesit dalam merespon seruan- seruan ALLAH. Bagaimana tidak, sebagai seorang karyawan akan bergegas bila dipanggil atasan atau bossnya, padahal ia menerima gaji hanya sekali dalam sebulan. Bagaimana dengan ALLAH yang memberikan nikmat dan karuniaNYA setiap saat, jangankan siang hari saat kita beraktifitas, malam haripun saat kita beristirahat dan tertidur lelap, nikmat ALLAH selalu bersama kita hamba- hambaNYA tanpa pernah terputus. Subhanallah.
5. AL-MUJAHADAH FIL IBADAH, yaitu semakin optimal dalam ibadah. RASUL SAW. Bertahajjud sehingga kedua kakinya bengkak- bengkak, semua itu dimaksudkan untuk membuktikan bahwa beliau benar- benar orang yang ahli syukur. Bagaimana dengan kita semua? Semoga kita semua termasuk golongan orang- orang yang ahli syukur. Amin.

Sumber: Anwar Nasihin, Lc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s